Selasa, 28 April 2015

SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN

Secara terminologi sosiologi berasal dari bahasa Yunani yakni kata socius dan logos. Socius artinya kawan, berkawan, ataupun bermasyarakat. Sedangkan logos artinya ilmu atau dapat juga berbicara tentang sesuatu. Dengan demikian secara harfiah , sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang masyarakat.
Ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan penggunaan kekuatan pemikiran, yang dapat diperiksa dan ditelaah secara kritis.
Adapun syarat ilmu sebagai berikut:
1. Rasional, artinya ilmu itu adalah sesuatu yang dapat dipertimbangkan dan diterima akal, dalam hal ini yang digunakan adalah indrawi.
2. Sistematis, berarti suatu ilmu itu tersusun sesuai dengan sistem atau tersusun dengan baik.
3. Bersifat umum, bahwa ilmu itu adalah pengetahuan yang dapat diterima dan diuji oleh siapa saja.
4. Kumulatif, berarti berkelanjutan.
Mengapa Sosiologi dianggap sebagai ilmu pengetahuan?
Bagi Aguste Comte, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan kemasyarakatan umum yang merupakan hasil terakhir daripada perkembangan ilmu pengetahuan, oleh karena itu sosiologi didasarkan pada kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh ilmu-ilmu pengetahuan lainnya. Lahirnya sosiologi dicatat pada 1842, tatkala Comte menerbitkan jilid terakhir dari bukunya yang berjudul Positive-Philosophy yang tersohor itu.
Sosiologi jelas suatu ilmu sosial yang objeknya adalah masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri karena telah memenuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan, yang ciri-ciri utamanya sebagai berikut:
1. Sosiologi sifat empiris, berarti ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan  dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
2. Sosiologi bersifat teoritis, yaitu ilmu pengetahuan tersebut selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Abstraksi tersebut merupakan kerangka unsur-unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan-hubungan sebab akibat, sehingga menjadi teori.
3. Sosiologi bersifat kumulatif, berarti teori-teori sosiologi dibentuk atas dasar teori-teori yang sudah ada dalam arti memperbaiki, memperluas, serta memperhalus teori-teori yang lama.
4. Bersifat non-etis, yakni yang dipersoalkan bukanlah buruk baiknya fakta tertentu, akan tetapi tujuannya adalah untuk menjelaskan fakta tersebut secara analitis.
Sosiologi dianggap sebagai suatu ilmu pengetahuan, dimana sosiologi sudah memenuhi kriteria atau syarat suatu ilmu sebagaimana yang diterangkan sebelumnya. Apalagi sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang dapat dipisahkan bahkan dapat dibedakan dengan ilmu sosial lainnya. Sosiologi yang memusatkan perhatiannya pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapat pola-pola umum daripadanya. Sementara itu, apabila ditelaah dari sudut sifat hakikatnya maka dapat ditemui untuk menetapkan ilmu pengetahuan macam apakah sosiologi itu. Sifat-sifat hakikatnya:
1. Sosiologi adalah ilmu sosial, dan bukan merupakan ilmu alam, atau ilmu pengetahuan kerohanian.
2. Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif akan tetapi adalah suatu disiplin yang kategoris, yaitu sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi dewasa ini dan bukan mengenai apa yang terjadi atau seharusnya terjadi.
3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni, bukan ilmu pengetahuan terapan.
4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak, bukan ilmu pengetahuan yang konkrit.
5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum.
6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional.
7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum, bukan merupakan ilmu pengetahuan yang khusus.
Kesimpulan bahwa sosiologi adalah ilmu yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional dan empiris serta bersifat umum.

Sumber:
- Pengantar Ilmu Sosial, Dr. H. Dadang Supardan, M.Pd., 2007.
- Sosiologi Suatu Pengantar,  Prof. Dr. Soerjono Soekanto, S.H., M.A., 2003.
- Kamus Sosiologi Antropologi, M. Dahlan Yacub.

Senin, 27 April 2015

ARISTOTELES

Aristoteles
Aristoteles lahir di Stagira, kota wilayah Chalcidice, Thracia, Yunani (dahulunya termasuk wilayah Makedonia Tengah) tahun 384 SM. Ayahnya adalah tabib pribadi Raja Amyntas dari Makedonia. Usia 17 tahun, Aristoteles bergabung menjadi murid Plato. Belakangan ini meningkat menjadi guru di Akademi Plato selama 20 tahun di Athena. Aristoteles meninggalkan Akademi tersebut setelah Plato meninggal dunia dan menjadi guru bagi Alexander dari Makedonia. Saat Alexander berkuasa di tahun 336 SM, ia kembali ke Athena. Dengan dukungan dan bantuan Alexander, ia mendirikan akedeminya sendiri yang diberi nama Lyceum, dipimpinnya sampai tahun 323 SM.
Filsafat Aristoteles berkembang pada waktu ia memimpin Lyceum, yang mencakup enam karya tulisnya yang membahas masalah logika, yang dianggap sebagai karya-karyanya yang paling penting, selain kontribusinya di bidang metafisika, fisika, etika, politik, kedokteran, dan ilmu alam.
Minat-minat Aritoteles tentang meliputi bidang alamiah dan manusia, termasuk didalamnya etika dan metafisika. Ia merupakan filsuf terkemuka dan terbesar. Asumsi ini dibuktikan berabad-abad melampaui zamannya. Sehingga tulisan-tulisannya merupakan basis filsafat alamiah hingga abad ke-17. Meskipun tetap terhindarkan adanya kesalahpahaman dan tulisannya pernah digunakan untuk menyusun dogma yang steril. Perbedaan pandangan dirinya dan Plato diawali oleh soal-soal mendasar.
Aritoteles menyatakan kritik tajam terhadap pandangan Plato mengenai konsep idea-idea. Ia bahkan menawarkan konsep baru yang kemudian hari dinamakan hilemorfisme sebagai alternatif bagi ajaran Plato mengenai idea-idea. Namun Aristoteles tetap berhutang budi kepada Plato.
Di bidang ilmu alam, dia orang pertama mengumpulkan dan mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis, menggambarkan analisis kritis dan pencarian hukum alam dan keseimbangan pada alam. Dalam logika, Aritoteles cenderung dengan sistem berpikir deduktif. Dalam penelitian ilmiah menyadari pula pentingnya observasi, eksprimen dan berpikir induktif. Di bidang politik, bentuk politik ideal adalah gabungan dari bentuk demokrasi dan monarkhi.
Pemikiran Aritoteles sangat berpengaruh pemikiran Barat dan pemikiran keagamaan lain pada umumnya. Abad pertengahan, Aristoteles tidak hanya dianggap sebagai sumber yang otoritatif terhadap logika dan metafisika, melainkan juga dianggap sebagai sumber utama dari ilmu pengetahuan, atau "the master of those who know", sebagaimana kemudian dikatakan oleh Dante Alighieri.
Aristoteles menganggap idea-idea manusia bukan sebagai kenyataan. Jika Plato beranggapan bahwa hanya idea-idealah yang tidak dapat berubah. Aristoteles justru mengatakan bahwa yang tidak dapat berubah (tetap) adalah benda-benda jasmani itu sendiri. Benda jasmani oleh Aristoteles diklasifikasikan dalam dua kategori, yaitu bentuk dan materi. Bentuk adalah wujud suatu hal, materi adalah bahan untuk membuat bentuk tersebut. Dengan kata lain, bentuk dan materi adalah suatu kesatuan.

Jumat, 17 April 2015

PLATO

Plato
Berikut akan diuraikan singkat salah seorang pemikir filosofi, siapa yang tidak mengenal atau paling tidak biasa mendengar nama tokoh yang satu ini. Bagi orang sosial tentu nama ini tidaklah asing, dia adalah Plato murid Socrates. Socrates seorang filsuf yang sudah kita bahas pada tulisan sebelumnya.
 Plato lahir dari keluarga terkemuka pada tahun 428 SM di Athena. Ayahnya Ariston dan ibunya Periktione. Ketika ayahnya meninggal, ibunya menikah lagi dengan adik ayahnya Pyrilampes (seorang politikus). Kehadiran pamannya banyak memberi pengaruh pada Plato. Selain itu dia juga banyak dipengaruhi oleh Kratylos seorang filsuf yang meneruskan ajaran Herakleitos berpendapat bahwa dunia ini terus berubah. Pergaulannya dengan para politikus, Plato memiliki, menularkan sebuah pemikiran bahwa pemimpin suatu negara haruslah seorang filsuf. Hal ini dilontarkan karena kekecewaannya atas kepemimpinan politikus saat itu. Terutama kaitannya dengan kematian gurunya Socrates.
 Plato mendirikan akademia sebagai pusat penyelidikan ilmiah dan merealisasikan cita-citanya yaitu menjadikan filsuf-filsuf  siap menjadi pemimpin negara. Akademia inilah awal munculnya universitas-universitas saat ini yang menekankan kajian ilmiah bukan sekedar reotrika.
Metode yang digunakan adalah metode dialog dan karya-karya Plato disampaikan secara lisan. Di satu sisi Plato masih mempercayai beberapa mitos yang digunakan untuk mengemukakan dugaan-dugaan hal-hal duniawi.
Inti dasar filsafat yang diajarkan adalah idea. Idea merupakan sesuatu yang objektif, adanya idea terlepas dari subyek yang berfikir. Idea tidak diciptakan dari pemikiran individu tetapi pemikiran itu tergantung dari idea-idea. Plato menerang idea itu dengan teori dua dunianya yaitu dunia yang mencakup benda-benda jasmani (sifatnya berubah dan  tidak sempurna). Idea mendasari dan menyebabkan benda-benda jasmani. Hubungan idea dan realitas jasmani melakuoi 3 cara yaitu:
 1. Idea hadir dalam bentuk-bentuk konkrit
 2. Benda konkrit mengambil bagian dalam idea, dsini Plato memperkenalkan partisipasi dalam filsafat
3. Idea merupakan model atau contoh bagi benda-benda konkrit
Plato menganggap jiwa merupakan intisari atau pusat kpribadian manusia (dipengaruhi oleh Socrates, Orfisme, dan mazhab Pythagorean). Argumen pentingnya bahwa ada kesamaan yang terdapat antara jiwa dan dan idea-idea, dengan menuruti prinsip-prinsip yang mempunyai peranan besar dalam filsafat. Dengan demikian, jiwa itu juga memiliki sifat-sifat yang sama dengan idea yaitu sifatnya yang abadi dan tidak berubah. Plato mengatakan bahwa dengan mengenal benda atau apa yang ada di dunia ini sebenarnya hanyalah proses  peringatan sebab menurutnya setiao manusia sudah mempunyai pegetahuan yang dibawahnya pada waktu berada di dunia idea  ketika masuk ke dalam dunia realitas jasmani pengetahuan yang sudah ada tinggal diingatkan  saja. Maka Plato menganggap seorang guru adalah mengingatkan muridnya tentang pengetahuan yang sebetulnya sudah lama mereka miliki. Ajaran Plato tentang etika mengatakan bahwa manusia dalam hidupnya mempunyai tujuan yang baik dan hidup yang baik dapat dicapai dalam polis. Ia tetap memihak pada cita-cita Yunani Kuno yaitu hidup sebagai manusia serentak juga berarti hidup dalam polis, ia menolak bahwa negara hanya berdasarkan romos/adat kebiasaan saja dan bukan physis/kodrat. Plato tidak pernah ragu dalam keyakinannya bahwa manusia menurut kodratnya merupakan makhluk sosial, dengan demikian manusia menurut kodratnya hidup dalam polis atau negara.
























Kamis, 09 April 2015

SOCRATES

Hasil gambar untuk socrates
Socrates

Socrates lahir di Athena pada tahun 470 SM. Socrates adalah seorang anak pemahat bernama Sophroniscos dan ibunya adalah seorang bidan bernama Phainarate. Istri Socrates bernama Xantipe dikenal sebagai seorang wanita yang judes (galak dan keras). Socrates berasal dari keluarga kaya, ia mendapatkan pendidikan yang baik. Ia pernah menjadi prajurit Athena, ia dikenal sebagai prajurit yang gagah berani. Namun, ia tidak suka terhadap urusan politik, karena itu kemudian ia berfilsafat. Ia memusatkan objek filsafatnya pada manusia. Socrates mengajarkan buah pikirannya kepada anak-anak muridnya tanpa memungut biaya apapun, tidak seperti kaum sofis.
Namun,  suatu hari ia dituduh bahwa ajarannya telah merusak moral para pemuda dan menentang kepercayaan negara. Karena tuduhan itu, ia ditangkap dan dihukum mati dengan minum racun pada umur 70 tahun (599 SM).
Pemikiran  Socrates adalah tentang keutamaan moral. Sejak muda Socrates telah terlihat sifat kebijaksanaannya karena selain ia cerdas, juga setiap perilakunya dituntun oleh suara batin (diamon) yang selalu membisikkan dan menuntun kearah keutamaan moral. Pemberian pelajaran dilakukan dengan jalan dialog (tanya jawab) untuk mengupas kebenaran ilmu. Menurutnya pengetahuan sejati atau pengertian sejati sangat penting dalam keutamaan moral. Barang siapa yang memiliki pengertian sejati berarti memiliki kebajikan/keutamaan  moral berarti memiliki kesempurnaan manusia sebagai manusia.
 Socrates tidak pernah menuliskan filosofisnya. Bahkan tidak pernah mengajarkan filosofi, melainkan hidup berfilosofi. Baginya filosofi itu bukan isi, bukan hasil, bukan ajaran berisi dogma melainkan fungsi yang hidup. Ajarannya dikenal lewat catatan-catatan muridnya Xenephon dan Plato. Catatan Xenephon kurang kebenarannya, orang lebih banyak bersandar pada Plato.
Tujuan  filosofi Socrates adalah mencari kebenaran yang berlaku selama-lamanya. Menurutnya kebenaran itu tetap dan harus dicari. Beda dengan guru-guru sofis yang mengajarkan semuanya relative dan subyektif dan dihadapi dengan pemikiran skeptis. Dalam mencari kebenaran Socrates tidak memikir sendiri melainkan dengan tanya jawab, setiap kali berdua dengan orang lain. Metodenya disebut maieutik. Socrates mempergunakan pertanyaan "apa itu?" untuk mencari pengertian bentuk yang tetap daripada sesuatunya. Metode digunakan induksi dan definisi. Induksi dasar definisi. Induksi yang menjadi metode Socrates adalah memperbandingkan dengan kritis. Pengertian yang diperoleh diujikan kepada beberapa keadaan atau kejadian nyata. Apabila dalam pasangan ini pengertian tidak mencukupi maka dicari perbaikan definisi. Definisi yang dicapai diuji sekali lagi untuk mencapai perbaikan yang lebih sempurna. Begitulah cara Socrates mencapai pengertian.