Rabu, 08 Juli 2015

MENGHADAPI MASA DEPAN


Dalam dunia yang kian kompleks akibat perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan luas dan mendasar dalam setiap aspek kehidupan manusia. Mau tidak mau, bisa atau tidak, manusia dituntut dapat dan harus beradaptasi dengan kondisi kekinian.
Tuntutan untuk terus mempertahankan diri dari cengkraman kehidupan yang kian hari kian menjekit. Yang mana pada mulanya orang berpikir kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membawa kemudahan, kemakmuran dan kebahagian bagi seluruh umat manusia. Apabila kemajuan itu dipergunakan untuk kesejahteraan manusia, dimana kecanggihan teknologi mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun realitanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi justru menimbulkan masalah-masalah baru yang sukar untuk diatasi.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat merubah manusia itu sendiri. Munculnya industrialisasi mengakibatkan urbanisasi, melemahkan bahkan melenyapkan pengaruh tradisi atau adat istiadat, mengubah hubungan sosial, bahkan melenyapkan identitas diri manusia itu sendiri. Manusia tidak lagi berkuasa atas dirinya, melainkan dikuasai oleh daya-daya di luar dirinya. Manusia diukur dengan nilai uang untuk prestasinya.
Demi keselamatan dunia, manusia harus bisa, siap dan belajar untuk mengatasi segala tantangan, rintangan dan hambatan dalam menghadapi masa depan. Mempersiapkan manusia menghadapi masa depan merupakan tugas pendidikan, pihak terkait dan diri individu sendiri tentunya.
Apalagi jika melihat kondisi sekarang dimana sifat individualistik sangat jelas. Lagi-lagi kaum borjuis terus mulai nampak dan menindas kaum proletariat, jelas ini sudah terjadi sejak dulu. Segala cara dilakukan untuk meraih pundi-pundi rupiah, yang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin. Korupsi merajalela berbagai modus dan motif melakukan tindakan korupsi yang sudah dapat disebut sebagai tindakan kejahatan. Dan masih banyak lagi persoalan kekinian yang tak dapat disebutkan satu persatu.
Kembali pada tatanan kehidupan yang semakin kompleks, tentunya dsini manusia harus semakin jeli membaca kondisi dan terus update agar dapat bertahan diri dalam menata masa depan. Seperti yang dikutip dari Rolloy May bahwa cara paling efektif mencapai masa depan yang cerah adalah dengan menatap masa kini secara berani dan konstruktif. Bagaimana manusia bisa bertindak berani dalam menghadapi masa kini, yang tentunya berawal dari mulai bangun tidur, bahkan ada yang mengatakan bahwa sebelum tidur pun kita sudah harus memulainya, yakni mempunyai mimpi-mimpi yang akan diwujudkan hari esok. Jadi pada waktu bangun esok harinya sudah ada target yang akan dicapai pada hari ini. Nah disini menggambarkan bagaimana hari itu dimulai dengan semangat yang menggebu-gebu dalam mengawali hari karena itu akan menentukan kesuksesan target yang direncanakan.
Terus memiliki keyakinan hari ini akan ada banyak pengalaman baru daripada hari kemarin. Akan ada perjalanan yang penuh dengan kenangan. Tentunya tidak akan ada pengalaman baru tanpa ada interaksi dan komunikasi. Komunikasi pertama dilakukan dengan diri sendiri, pahami diri kita, sebenarnya hari ini kita mau apa saja dan arahnya kemana. Disini teringat perkataan seseorang disuatu tempat seperti ini hidupmu kamu sendiri yang menentukan arah dan jalan akan dilewati. Nah setelah benar-benar memahami diri kita, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan senjata alias alat untuk mencapai target itu dan alat yang paling ampuh adalah komunikasi.
Komunikasi kedua adalah dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Terutama mereka yang ada kaitan dengan target yang diinginkan. Misalnya seorang yang menginginkan beasiswa, maka dekati orang-orang yang berkecimpung di dunia itu ataukah seorang yang ingin jadi kepala wilayah misalnya jadi bupati maka dia harus membangun komunikasi yang baik dengan orang-orang bisa jadi peluncurnya di lapangan, menarik simpati hati warga agar dipilih nantinya, setelah terpilih komunikasi terabaikan dan janji dilupakan, wah itu lain lagi ceritanya.
Kembali ke laptop, komunikasi yang terbangun haruslah diamati dan dipelajari hal-hal yang diperoleh ketika berkomunikasi, dan sebisa mungkin lakukan hal-hal yang sekiranya baik, Insya Allah akan mendatangkan hasil baik pula.
Menghadapi masa depan adalah hal yang semua orang bisa karena semua orang punya keberanian, hanya saja sangat sedikit orang yang bisa mengeluarkan keberanian secara keseluruhan. Jadi, yakinlah dalam diri kita bahwa kita termasuk orang yang pemberani. Usahakan ada kegiatan rutin yang menunjang dalam menghadapi masa depan, seperti membaca, menulis, komunikasi dan sebagainya. Dan itu anda sendiri yang lebih tahu. Paling penting adalah tidak muluk-muluk dalam menentukan target. Sesuaikan target itu dengan kekuatan dan kemampuan. Sedikit yang penting jalan dan terarah itu lebih baik daripada banyak tapi tidak terlaksana tidak sempurna.
Bagaimana dengan anda menghadapi masa depan? Apakah anda sudah memiliki target?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar